KOTAMOBAGU

Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC) 2007

Posted on: 5 December 2007

Grand Final IWIC 2007 Jakarta, 27 November 2007 lalu Inovasi wireless bertajuk “Kongcow” karya Fahris Mumtaza Ahsan dari Bandung berhasil meraih juara I untuk kategori Product Oriented/Software dalam grand final ajang Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC) 2007 yang digelar Indosat hari ini di Jakarta.Sementara itu juara I untuk kategori Idea Generator diraih oleh Annisa Ayuningtyas dari Semarang, dengan karya Mobile Wallet dengan RFID. Sedangkan untuk kategori Product Oriented/Hardware juara I berhasil diraih oleh Lingga Wardhana dari Jogjakarta dengan karya berjudul “Intelligent Traffic Light with Traffic Jam Broadcaster”.Hasil selengkapnya para pemenang IWIC tahun 2007 yang diumumkan di Jakarta hari ini adalah sebagai berikut :Kategori Idea Generator
Juara I  :  Annisa Ayuningtyas, Semarang
   Karya : Mobile Wallet dengan RFIDJuara II  : Doni Prinanda, Jakarta
   Karya : Charge from Radiation and Vibration

Juara III  : Amrina Rosyada, Semarang
   Karya : Aplikasi Wireless Pada Balon Udara   
 
Kategori Product Oriented
Software :
Juara I  : Fahris Mumtaza Ahsan, Bandung
   Karya : Kongcow

Juara II  : Ahmad Zaky Syafiudin, Bandung
   Karya : Mobile Surveyor

Juara III : Rudi Wijanarko, Jakarta
   Karya : Biofinder

Hardware :
Juara I  : Lingga Wardhana, Jogjakarta
    Karya : Intelligent Traffic Light with Traffic Jam Broadcaster

Juara II  : Teguh Widiarso, Jakarta
   Karya : Solusi Pemantau Kepadatan Lalulintas
 
Juara III : Yudi Ananta Rangkuti, Medan
   Karya: Ponsel sbg Pemantau & Pengontrol Jarak Jauh melalui Videocall 

Juara Favourite : Avivul Munthoha Amongsaufa, Sragen
   Karya : Running Text Dotmatrix Berbasis SMS dan Mikrokontroller

“Indosat bangga dapat turut melahirkan berbagai karya inovatif dari para juara IWIC 2007 di berbagai kategori, sesuai dengan tujuan dari program IWIC itu sendiri yaitu memberikan wadah bagi generasi muda untuk menyalurkan ide dan karya inovatif mereka di bidang teknologi wireless yang berguna bagi masyarakat,” demikian dijelaskan Bapak Johnny Swandi Sjam, Direktur Utama Indosat, usai pengumuman pemenang dalam acara grand final IWIC di Jakarta.
Ajang IWIC 2007 merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility Indosat yang memberikan wadah bagi bangsa Indonesia, generasi muda khususnya, untuk  berkompetisi  menciptakan inovasi dalam hal  penerapan teknologi telekomunikasi wireless/nirkabel yang dikhususkan pada pengembangan perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) serta memiliki nilai manfaat bagi industri dan masyarakat secara luas. Berbeda dengan penyelenggaraan 2 tahun sebelumnya, tahun ini kategori lomba dibagi menjadi 2 kategori besar, yaitu Idea Generator dan Product Oriented.

Kategori Idea Generator menekankan pada konsep dan ide inovatif bagi peserta SMP dan SMU, dan tidak diwajibkan membuat prototype-nya. Sementara kategori Product Oriented lebih ditekankan pada aspek aplikatif dan dapat diimplementasikan untuk ditidaklanjuti menjadi sebuah aplikasi bernilai komersial, sehingga peserta lomba lebih ditujukan bagi mahasiswa dan umum.

“Program IWIC juga merupakan bagian dari kegiatan corporate social responsibility (CSR) perusahaan, melalui kegiatan menumbuhkan semangat berinovasi dalam bidang teknologi di kalangan generasi muda dan masyarakat pada umumnya, agar semakin akrab dan dekat dengan teknologi, serta menghasilkan inovasi yang bernilai aplikatif dan manfaat tinggi bagi masyakat luas,” tambah Pak Johnny.

Proses penilaian ajang IWIC 2007 sendiri dimulai sejak tanggal 22 Oktober 2007 lalu, dimana karya yang masuk lebih dari 300 karya atau meningkat 30% dari tahun sebelumnya. Selanjutnya para peserta yang masuk sebagai finalis, harus membuat prototype dari konsep dan ide yang diberikan, kemudian mempresentasikan sekaligus melakukan ujicoba aplikasi di hadapan dewan juri secara langsung. Penjurian yang berlangsung selama 2 hari tersebut, ditutup dengan babak grand final, yang kemudian menghasilkan para pemenang untuk semua kategori, serta satu pemenang favorit berdasarkan pooling SMS yang telah dilakukan beberapa waktu yang lalu.

Mengambil tema ‘Inovasi Wireless Bagi Perkembangan Industri & Masyarakat’, penilaian ajang ini dilakukan oleh dewan juri yang terdiri dari pengamat teknologi telekomunikasi, dosen, wartawan, perusahaan penyedia perangkat dan jaringan telekomunikasi, serta dari internal Indosat. Penilaian untuk keseluruhan kategori difokuskan pada unsur ’INOVASI’, dengan kriteria antara lain ide yang diusulkan merupakan ide orisinil yang belum pernah ada sebelumnya dan inovasi wireless yang dihasilkan memiliki nilai ekonomis sehingga bermanfaat bagi dunia industri terkait lainnya dari skala kecil hingga menengah. Di samping itu, hasil karya  harus aplikatif dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, dapat diwujudkan dalam prototype jika maju ke grand final.
 
Indosat memberikan apresiasi bagi para pemenang antara lain: untuk kategori idea generator pemenang I, II, dan III masing-masing mendapatkan tabungan pendidikan senilai Rp 10 juta, Rp 7,5 juta dan Rp 5 juta, ditambah dengan medali, HP 3G dan hadiah hiburan. Sementara untuk kategori product oriented pemenang I, II dan III, masing-masing mendapatkan tabungan pendidikan senilai Rp 25 juta, Rp 20 juta dan Rp 15 juta, ditambah dengan medali, HP 3G dan hadiah hiburan.

“Ajang IWIC ini merupakan acara rutin yang kami selenggarakan setiap tahun yang secara konsisten menunjukkan komitmen Indosat dalam melahirkan inovator-inovator teknologi wireless yang berguna bagi Indonesia,” kata Pak Johnny menutup penjelasannya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Dega Nion Don

hit counter
Selamat Datang

Obral Obrol
Ngobrol pake mentari cuma seribu sejam, ke seluruh Indonesia Ketik OBROL kirim ke 303

Mentari..torang pe kartu
-------
SMS gratis puas abis
Pake pulsa IM3 kamu buat nelpon dan dapatkan SMS gratis seharian ke 2 orang sohib kamu di seluruh Indonesia.

IM3, so hemat kong pasti gaul

LINKS

YOUR INFO

  • 168,841
December 2007
S M T W T F S
« Nov   Jan »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
%d bloggers like this: