KOTAMOBAGU

Indosat Luncurkan BTS Energi Alternatif dan IWIC

Posted on: 30 May 2008

Jakarta, 29 Mei 2007 – Indosat hari ini meluncurkan program Indosat Cinta Indonesia, yang ditandai dengan peluncuran Uji Coba Komersial BTS Energi Alternatif dan peluncuran kontes nasional tahunan “The 3rd Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC) 2008” sebagai bagian dari peringatan 100 Tahun Kebangkitan Nasional. Peluncuran kedua program dilakukan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Mohammad Nuh, didampingi Dirjen Postel Basuki Yusuf Iskandar dan Direksi Indosat.

 “Ada banyak cara untuk mewujudkan rasa cinta kepada bangsa. Kami mewujudkannya dengan komitmen untuk membangun Indonesia melalui berbagai program nyata yang memberikan manfaat kepada masyarakat sekaligus mendukung program pemerintah. Sebagai operator telekomunikasi hal ini diwujudkan dalam penyediaan layanan komunikasi yang handal dan terjangkau. Dan dalam kesempatan peringatan 100 tahun kebangkitan nasional, kami mewujudkan komitmen tersebut dengan meluncurkan program IWIC 2008 dan Uji Coba Komersial BTS Energi Alternatif yang mempelopori penggunaan  tenaga surya, tenaga angin dan biofuel sekaligus,” demikian disampaikan Bapak Johnny Swandi Sjam, Direktur Utama Indosat.

Program Uji Komersial BTS Energi Alternatif merupakan inisiatif Indosat dalam mencari alternatif bahan bakar bagi BTS di luar BBM yang selama ini digunakan. Sumber energi alternatif yang diujicobakan untuk bagi BTS adalah sinar matahari, angin dan biofuel  berbahan dasar kelapa sawit dan biji jarak.

“Kami menyadari pentingnya mencoba energi alternatif bagi BTS yang membutuhkan pasokan energi selama 24 jam penuh untuk dapat terus memberikan layanan telekomunikasi seluler bagi masyarakat. Inisiatif ini kami lakukan untuk menguji pemakaian alternatif energi untuk menjamin kelangsungan pelayanan telekomunikasi sekaligus bentuk kepedulian kami untuk mewujudkan lingkungan yang bersih. Disamping itu kami bangga dapat bekerja sama dengan institusi anak negeri terkemuka, ITB dan LEN, untuk bersama-sama mengembangkan program ini” papar Pak Johnny Swandi Sjam.

Indosat  saat ini sedang melakukan ujicoba BTS energi alternatif bagi BTS Indosat di 2 wilayah, yaitu BTS di Girisari, Uluwatu, Bali dan BTS di Labuan, Lombok. Diharapkan keberhasilan uji coba ini akan dapat diperluas bagi BTS-BTS Indosat lainnya di seluruh wilayah Indonesia. Seluruh ujicoba program ini dilakukan bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan PT LEN Industri (Persero).

Sementara itu program IWIC yang saat ini diluncurkan untuk tahun ke 3 merupakan program kompetisi inovasi berskala nasional dalam penerapan teknologi wireless (tanpa kabel), yang dapat diaplikasikan untuk membantu aktifitas sehari-hari maupun sebagai alat untuk meningkatkan produktivitas.

“Sebagai perusahaan yang berbasis teknologi, kami memiliki tanggung jawab sosial untuk membangun nilai dan budaya inovasi di kalangan generasi muda, dengan menyediakan wadah kompetisi yang dapat menggali karya-karya inovatif teknologi nirkabel (wireless)  yang akhirnya dapat bermanfaat bagi masyarakat,” tambah Pak Johnny.

Berbeda dengan 2 penyelenggaraan sebelumnya, ajang IWIC 2008 ini diselenggarakan dalam 2 kategori yaitu IWIC for All dan IWIC for School. IWIC for All atau IWIC untuk kita semua, mengkompetisikan inovasi dalam pengembangan perangkat lunak di teknologi nirkabel yang aplikatif. IWIC for All ini dibagi lagi menjadi 2 kategori, pertama kategori Pengembangan Software Aplikasi Solusi berbasis wireless “Fun and Easy” dan kedua kategori “Wireless Innovative Beyond”.

IWIC for School merupakan kategori baru, yaitu IWIC untuk sekolah, kompetisi antar sekolah dalam memanfaatkan teknologi broadband untuk mendukung proses belajar mengajar, yang diajukan dalam bentuk proposal program. Sekolah yang berhasil menjadi pemenang akan mendapatkan hadiah berupa akses broadband Indosat tanpa   biaya beserta   laptop, USB Modem dan perangkat lainnya termasuk pelatihan dalam bidang IT.

Sementara itu untuk memberikan wadah berkomunikasi sekaligus menjadi pusat informasi tentang berbagai hal terkait program IWIC, diluncurkan pula portal dengan alamat : www.i-wirelessinnovation.com yang dapat diakses mulai 1 Juni 2008.

“Kami berharap semua program yang kami hadirkan ini akan dapat menjadi wujud nyata upaya perusahaan dalam memaknai 100 Kebangkitan Nasional dan mengekspresikan rasa cinta pada bangsa, sehingga kehadiran Indosat memberikan arti dan manfaat yang lebih besar lagi bagi lingkungan dan masyarakat dimana perusahaan berada,” demikian Pak Johnny Swandi Sjam menutup penjelasannya.

1 Response to "Indosat Luncurkan BTS Energi Alternatif dan IWIC"

Artikel di blog ini sangat bagus dan berguna bagi para pembaca. Agar lebih populer, Anda bisa mempromosikan artikel Anda di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersediaa plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
http://www.infogue.com
http://energi.infogue.com
http://energi.infogue.com/indosat_luncurkan_bts_energi_alternatif_dan_iwic

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Dega Nion Don

hit counter
Selamat Datang

Obral Obrol
Ngobrol pake mentari cuma seribu sejam, ke seluruh Indonesia Ketik OBROL kirim ke 303

Mentari..torang pe kartu
-------
SMS gratis puas abis
Pake pulsa IM3 kamu buat nelpon dan dapatkan SMS gratis seharian ke 2 orang sohib kamu di seluruh Indonesia.

IM3, so hemat kong pasti gaul

LINKS

YOUR INFO

  • 168,841
May 2008
S M T W T F S
« Apr   Aug »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
%d bloggers like this: