KOTAMOBAGU

EARTH HOUR

Posted on: 24 March 2009

I. EARTH HOUR GLOBAL

Apa itu EARTH HOUR?
EARTH HOUR merupakan kampanye Perubahan Iklim global WWF yang menghimbau individu, pelaku bisnis, dan pemerintah untuk mematikan lampu dan peralatan elektronik yang tidak sedang dipergunakan selama 1 jam sebagai bentuk dukungan terhadap upaya penanggulangan Perubahan Iklim.

EARTH HOUR awalnya merupakan kampanye kolaborasi antara WWF-Australia, Fairfax Media, dan Leo Burnett untuk kota Sydney dengan tujuan mengurangi gas rumah kaca sebanyak 5% pada tahun 2007. Maksud kampanye ini adalah agar aksi ini dapat diadopsi oleh warga masyarakat, bisnis serta pemerintah lain di seluruh dunia sehingga dapat menunjukkan bahwa aksi individu yang dilakukan secara global dapat mengubah bumi kita menjadi lebih baik.

Di tahun 2007, EARTH HOUR berhasil mendapatkan partisipasi dari 2,2 juta penduduk Sidney. Tahun berikutnya, 2008, EARTH HOUR menjadi kampanye global dan jumlah partisipannya bertambah menjadi 50 juta orang dari 370 kota di 35 negara.

Di tahun 2009, EARTH HOUR targetkan jangkau 1 milyar orang di 1000 kota di dunia.

BERITA TERAKHIR: per tanggal 17 Maret 2009, telah terdaftar 1539 kota di 80 negara akan partisipasi di EARTH HOUR tahun ini.

Kenapa 1 milyar orang?
Satu milyar orang sama dengan 1/6 populasi dunia. Angka yang sangat besar untuk menunjukkan dukungan terhadap aksi nyata yang harus diambil para pemimpin dunia dalam penanggulangan Perubahan Iklim.

Jadi kegiatan ini tidak hanya menghubungkan isu penghematan energi dengan Perubahan Iklim di setiap negara yang berpartisipasi, tetapi juga menghubungkan sebagian besar populasi dunia untuk partisipasi dalam upaya penanggulangan ancaman terbesar yang dihadapi oleh bumi.

Apa arti logo EARTH HOUR?
Logo EARTH HOUR ’60’ menunjukkan 60 menit kampanye EARTH HOUR dimana fokus perhatiannya adalah dampak yang dialami oleh bumi dan tindakan positif dalam menanggulangi masalah tersebut.

Kapan EARTH HOUR 2009 dilaksanakan?
Sabtu, 28 Maret 2009 pukul 20.30 – 21.30 (waktu setempat).

Apakah EARTH HOUR diadakan setiap tahun?
Tahun ini adalah tahun kritis kelangsungan kesepakatan bersama global terkait isu Perubahan Iklim pada United Nations Climate Change Conference yang akan diadakan di Kopenhagen, Denmark, bulan Desember 2009. EARTH HOUR bertujuan untuk mengangkat suara masyarakat dunia yang memberikan dukungan terhadap keputusan yang diambil para pemimpin dunia terhadap upaya penanggulangan Perubahan Iklim.

Diharapkan, wajah kondisi Perubahan Iklim yang menjadi fenomena nyata dunia dapat berubah secara signifikan di masa yang akan datang. Oleh karena itu, kampanye EARTH HOUR akan terus dikumandangkan dan berevolusi sesuai dengan kebutuhan kelangsungan hidup bumi.

Mengapa di bulan Maret?
Pada tahun 2007, EARTH HOUR diadakan di Sidney, pada tanggal 31 Maret 2007, Pk 19.30 – 20.30. Sedangkan di tahun 2008, EARTH HOUR diadakan pada tanggal 29 Maret 2008, Pk 20.00 – 21.00, kecuali Tel Aviv yang menyelenggarakan EARTH HOUR di tanggal 25 Maret 2008 karena alasan keagamaan.

Kampanye ini kemudian berkembang menjadi kampanye global, dan bulan Maret tetap dipilih sebagai bulan EARTH HOUR karena saat itu bumi bagian utara akan berada di posisi atas sehingga akan memberikan gambaran visual yang sangat signifikan ketika lampu-lampu dimatikan.

II. EARTH HOUR INDONESIA – JAKARTA

Kenapa EARTH HOUR Indonesia fokus di Jakarta?
Konsumsi listrik di Indonesia masih terkonsentrasi di Jawa, yakni sekitar 77% dari konsumsi nasional pada tahun 2007..

Jika dilihat dari data PLN tahun 2007, penjualan listrik untuk wilayah DKI Jakarta dan Tangerang sebesar 27.939 GWh atau 23% dari total konsumsi listrik di seluruh Indonesia. Pasokan listrik di daerah lain di Indonesia masih berbagi dalam porsi yang lebih kecil.

Jumlah tersebut terbagi menjadi beberapa bagian, dengan komposisi terbesar sebagai berikut:
– 34% berasal dari sektor rumah tangga (sebagian besar di DKI Jakarta)
– 30% berasal dari sektor industri (sebagian besar di Tangerang)
– 29% dari sektor bisnis (sebagian besar di DKI Jakarta).
Proporsi terbanyak pengguna listrik di DKI Jakarta adalah kalangan bisnis dan rumah tangga; sedangkan untuk sektor industri lebih banyak terfokus di Tangerang.

Jumlah total penjualan ini setara dengan 24,89 juta Ton CO2 (dihitung berdasarkan data DJLPE tahun 2004 – 2006 tentang emisi CO2 yang dihasilkan dari produksi listrik: 0,891 ton CO2/MWh).

Seberapa penting EARTH HOUR untuk Jakarta?
Mematikan lampu di DKI Jakarta dan sekitarnya selama 1 jam, dengan asumsi penghematan 10% dari konsumsi listrik rata-rata per jamnya =
= 300MW (cukup untuk mengistirahatkan 1 pembangkit listrik dan mampu menyalakan 900 desa)
= mengurangi beban biaya listrik Jakarta sekitar Rp 200 juta
= mengurangi emisi CO2 sekitar 284 Ton CO2
= menyelamatkan lebih dari 284 pohon
= menghasilkan O2 untuk lebih dari 568 orang.

EARTH HOUR adalah saatnya mengingatkan masyarakat global pada emisi karbon dioksida yang dihasilkan dari pembangkit listrik berbahan bakar fosil dan kontribusinya kepada perubahan iklim. EARTH HOUR juga mengingatkan masyarakat Indonesia pada konsumsi listrik kita yang masih terkonsentrasi di Jawa dan sekitar 20% pengguna listrik di Indonesia berada di Jakarta.

Selain itu juga, program ini meningkatkan kesadaran akan potensi sumber energi yang berkelanjutan yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat lokal dan lebih jauh lagi dapat merangsang perubahan perilaku dan insentif ekonomi.

Apa tujuan EARTH HOUR Indonesia?
1. Menjangkau sebanyak mungkin masyarakat (individu, rumah tangga, dan pelaku bisnis) untuk memadamkan lampu mereka pada tanggal 28 Maret 2009, pk 20.30 – 21.30
2. Mengedukasi masyarakat terkait dampak Perubahan Iklim dan apa yang bisa dilakukan dalam mengubah gaya hidup individu di kehidupan sehari-hari dalam mengurangi emisi karbon dioksida
3. Mendapat dukungan dan partisipasi korporasi untuk menyebarluaskan kampanye EARTH HOUR, baik secara internal maupun eksternal, dan berkomitmen memadamkan lampu mereka di tanggal dan jam yang dimaksud
4. Memberikan preseden untuk kelanjutan kampanye EARTH HOUR Indonesia pada tahun 2010 dan selanjutnya
5. Mengukur perubahan dan kontribusi kampanye EARTH HOUR terhadap emisi gas rumah kaca di Jakarta
6. Memberikan mandat kepada pemimpin dunia yang akan menghadiri Konferensi Perubahan Iklim PBB di Kopenhagen, Desember 2009 untuk melakukan reformasi lingkungan, yakni dengan menghasilkan kesepakatan baru tentang Perubahan Iklim menggantikan Protokol Kyoto.

Siapa saja yang dapat berpartisipasi?
Semua orang! Pemerintah, pelaku bisnis, dan individu.
Semua diajak untuk turut mematikan lampu dan peralatan elektronik yang tidak sedang dipergunakan pada hari dan jam yang ditentukan. Sebagai langkah lanjutan, masing-masing juga diminta menurunkan kontribusi emisi karbon dioksidanya dengan melihat peluang penghematan listrik yang lebih besar berdasarkan analisa penggunaan listrik yang telah berlangsung selama ini dan menetapkan target penghematan yang ingin dilakukan, dengan tiga pilihan: no cost, low cost, atau high cost.

Apa tindak lanjut dari Kampanye EARTH HOUR Indonesia?
Di 5 tahun mendatang diharapkan:
1. Kampanye EARTH HOUR menjadi kampanye tahunan dan masuk ke dalam program Pemda DKI Jakarta
2. Terjadi perubahan gaya hidup hemat energi di Jakarta dan memicu perubahan yang sama di kota-kota besar lain, termasuk dalam penggunaan lampu hemat energi
3. Jakarta mengembangkan inisiatif bangunan hemat energi dan ramah lingkungan
4. Indonesia mengembangkan sumber energi bersih yang potensial dan murah

III. PARTISIPASI MASYARAKAT

Apa saja yang perlu dilakukan untuk partisipasi di EARTH HOUR?
EARTH HOUR mengajak individu dan pelaku bisnis untuk mengambil langkah kecil dalam upaya penghematan listrik. Aksi-aksi yang dimaksud adalah:

Rumah Tangga:
1. Matikan lampu dan peralatan elektronik yang tidak sedang dipergunakan
2. Matikan peralatan elektronik yang masih dalam kondisi stand-by
3. Menggunakan lampu hemat energi

Pelaku Bisnis
1. Matikan lampu, komputer dan monitor, termasuk AC diluar jam kerja. Ingat! Sebelum pulang dari kantor pada hari Jumat, 27 Maret 2009
2. Bila masuk kantor pada hari Sabtu, 28 Maret 2009, matikan lampu dan peralatan elektronik yang tidak sedang dipakai
3. Ajak rekan sekerja dan anggota keluarga di rumah melakukan hal yang sama

Apakah ini berarti saya tidak diperkenankan menggunakan alat elektronik sama sekali?
Tidak! Inti dari kampanye ini adalah menunjukkan kepada masyarakat bahwa mengambil aksi nyata mengurangi dampak perubahan iklim adalah mudah. Bukan berarti Anda harus mematikan kulkas, namun EARTH HOUR mengajak Anda untuk mematikan lampu dan menceritakan dukungan tersebut, termasuk bersedia mengubah gaya hidup di jangka panjang.

Bukahkah mematikan lampu itu berbahaya? Bagaimana segi keamanannya?
EARTH HOUR meminta masyarakat untuk mematikan lampu-lampu dan peralatan elektronik yang tidak sedang dipergunakan, BUKAN lampu yang berpengaruh pada keamanan umum. Justru yang diinginkan adalah kesukarelaan semua orang menciptakan lingkungan yang aman dan hemat energi.

Lampu-lampu mana saja yang aman untuk dimatikan?
Keputusan ini diserahkan kepada masing-masing individu, pelaku bisnis, dan pemerintah lokal yang tertarik berpartisipasi. Namun biasanya yang dimatikan adalah lampu-lampu di tengah ruangan, baik di rumah maupun kantor. Termasuk lampu taman yang juga tidak mempengaruhi kondisi keamanan, komputer, lampu dekoratif, billboard/neon board, lampu meja, dst.

Ada beberapa lampu yang sudah pasti tidak bisa dimatikan: lampu jalan, lampu keamanan di area publik, lampu petunjuk penerbangan, dan lampu penunjuk jalan.
Sebelum Anda mematikan lampu di area publik, EARTH HOUR merekomendasikan Anda untuk melakukan koordinasi dengan pihak berwenang di daerah sekitar area tersebut. Sementara, untuk di rumah sendiri tetap biarkan lampu kecil, terutama di sekitar rumah yang memang membutuhkan penerangan. Siapkan juga senter atau obor. Dengan demikian Anda tetap bisa menikmati kenyaamanan seperti pada saat lampu tidak dimatikan dan menghabiskan waktu dengan ide-ide menarik selama 1 jam ketika lampu dimatikan.

Boleh menggunakan lilin sebagai gantinya?
Jika hendak menggunakan lilin selama EARTH HOUR, pastikan lilin tersebut 100% lilin beeswax yang lebih ramah lingkungan, bebas asap, bebas racun, dan tidak menimbulkan alergi. Namun, bila menggunakan lilin biasa, ada beberapa tip yang perlu diketahui:
• Penggunaan lilin harus di bawah pengawasan orang dewasa
• Lilin tidak boleh ditinggalkan
• Matikan lilin sebelum tertidur
• Jauhkan lilin dari bahan-bahan mudah terbakar, seperti kertas dank ain
• Lilin tidak boleh ditinggalkan di pinggir jendela karena jika tertiup angin dapat menyambar bahan-bahan mudah terbakar yang ada di sekitarnya
• Lilin harus diletakkan di posisi stabil, kering, dan permukaan tahan panas.

Apakah EARTH HOUR berarti pemadaman listrik total?
EARTH HOUR bukan pemadaman listrik total. Ini adalah gerakan mematikan lampu dan peralatan elektronik secara sukarela. Bagi pelaku bisnis dan gedung pemerintahan, lampu-lampu diharapkan telah dimatikan sejak sehari sebelumnya pada saat para karyawan pulang ke rumah di hari Jumat sore. Bisanya tidak tampak perubahan dramatis, hanya pengurangan energy secara gradual terhitung sehari sebelum EARTH HOUR. Perubahan visual akan terlihat di ikon-ikon besar yang memang menggunakan banyak lampu dan signifikan saat dimatikan.

Kemana saya bisa aktif berkontribusi di EARTH HOUR?
Klik situs http://www.earthhour.org/indonesia dan daftarkan diri Anda. Anda bisa memberikan komentar, foto aktivitas EARTH HOUR, dan mengajak rekan-rekan untuk bergabung.

Apakah EARTH HOUR pernah mendapatkan penghargaan?
Oktober 2008 – PRIA Golden Target Awards (Public Relations Institute of Australia)
– Highly Commended Winner: Environmental Communication

Oktober 2008 – MAA Globes Awards (Marketing Agency Associations)
– Globe Award for Best Integrated Communications Campaign

September 2008 – AME Awards (Asian Marketing Effectiveness)
– Platinum Award
– 4 x Gold Awards

Juli 2008 – Banksia Environment Awards
– Gold Banksia Award

Mei 2008 – International ANDY Awards
– Gold Award for Public Service/Non-Profit

Mei 2008 – Clio Awards
– Gold Award for Content and Contact
– Bronze Award for Innovative Media

Mei 2008 – The One Show Awards
– Bronze Award for Innovative Use of Marketing

April 2008 – Spike Awards (Asian Advertising)
– Platinum Award for Integrated Campaign
– Gold Award for Integrated Campaign
– Green Award for creativity in environmental issues
– Bronze Award for Public Service/Charity fund-raising

April 2008 – MTV Australia Awards
– Good Karma Award

Maret 2008 – ADFEST (Asia Pacific Advertising Festival)
– Gold Award
– Best of DM Award
– INNOVA Lotus Award

November 2007 – ADMA Awards (Australian Direct Marketing Association)
– Creative Award of the Year
– Gold Award for Integrated Campaign
– Bronze Award for Not-for-Profit

Oktober 2007 – PRIA Golden Target Awards (Public Relations Institute of Australia)
– Winner: Environmental Award

Oktober 2007 – Golden Drum Awards (International Advertising Awards)
– Golden Watch Award for advertising campaigns

Juli 2007 – Cannes Lion Awards
– Titanium Lion Award
– 2 x Promo Lion Awards

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Dega Nion Don

hit counter
Selamat Datang

Obral Obrol
Ngobrol pake mentari cuma seribu sejam, ke seluruh Indonesia Ketik OBROL kirim ke 303

Mentari..torang pe kartu
-------
SMS gratis puas abis
Pake pulsa IM3 kamu buat nelpon dan dapatkan SMS gratis seharian ke 2 orang sohib kamu di seluruh Indonesia.

IM3, so hemat kong pasti gaul

LINKS

YOUR INFO

  • 168,841
March 2009
S M T W T F S
« Feb   Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
%d bloggers like this: