KOTAMOBAGU

MEMBANGUNKAN PEMIMPIN DALAM DIRI

Posted on: 4 May 2009

Ketika beberapa tahun lalu Drucker menulis, bahwa semakin banyak pemimpin harus memimpin manusia yang nota bene bukan bawahannya secara formal, mulanya saya agak ragu.

Akan tetapi sekarang, begitu gelombang aliansi mewabah di mana-mana, munculnya pekerja profesional dengan sistim nilai yang amat berbeda, berubahnya piramida riil organisasi, ada yang bahkan menyebutknya menjadi piramida terbalik, sinyalemen Drucker tadi tidak hanya menjadi kenyataan. Tetapi juga menjadi basis perubahan dalam banyak paradigma kepemimpinan.

Sebut saja ANTV yang beraliansi dengan MTV melalui acara-acara musiknya. Pemimpin-pemimpin ANTV memang bukan pemimpin formal bagi pekerja-pekerja MTV. Akan tetapi, mereka punya kepentingan kuat agar hasil kerja karyawan MTV, memberi kontribusi besar kepada keberhasilan kepemimpinan boss ANTV.

Hadirnya pekerja profesional di mana-mana juga menghadirkan daya paksa yang besar dalam gaya kepemimpinan. Berbeda dengan pekerja zaman dulu, di mana manusia mudah saja digerakkan dengan kaidah-kaidah formal. Sekarang, banyak pekerja profesional yang dengan amat enteng berani menolak perintah atasan. Asuransi adalah salah satu industri yang dihadapkan pada tantangan besar di sektor ini. Banyak pemimpin bisnis asuransi tidak berdaya dengan alat-alat formalnya. Pasalnya, sebagian besar pekerja di sini tidak digaji. Melainkan, hidup kaya dari komisi. Bahkan ada yang lebih kaya dari atasannya. Dalam keadaan demikian, piramida organisasi menjadi terbalik. Bukannya manajemen puncak yang menentukan. Namun, orang bawah yang berinteraksi langsung dengan konsumenlah yang menentukan hidup matinya organisasi.

Digabung menjadi satu, kita tidak punya pilihan lain selain harus segera merubah sumber kekuasaan yang menyebabkan mesin kepemimpinan menggelinding lancar. Telunjuk, komando, perintah, ketakutan yang diciptakan, dan barang sejenis sedang dibuat kuno oleh kecenderungan. Di tengah persimpangan jalan seperti ini, mungkin sudah saatnya untuk tidak bergantung secara berlebihan pada sumber kepemimpinan yang datang dari luar. Untuk kemudian, menoleh ke dalam sini: the inner leader.

Bagi saya, setiap manusia– sekali lagi setiap manusia– yang lahir sebenarnya sudah membawa bakat kepemimpinan dalam dirinya. Bayangkan, di antara demikian banyak sperma positif dan negatif yang bertemu, yang menjadi manusia hanya sepersekiannya saja. Ini tentu saja melalui proses seleksi. Dan proses seleksi terakhir juga lahir dari logika kepemimpinan.

Sayangnya, banyak orang gagal yang membiarkan saja potensi kepemimpinannya tidur selamanya. Mereka anggap, keadaan kurang wibawa, kurang karisma, kurang dihormati sudah kita bawa sejak lahir. Sebaliknya, mereka yang hidupnya berhasil, sengaja membangunkan potensi kepemimpinan tadi, untuk kemudian menemukan limpahan wibawa, karisma dan rasa hormat orang lain.

Anda boleh saja memiliki cara berbeda dalam membangunkan pemimpin dalam diri. Dalam kesempatan ini, izinkan saya membuka pintu inspirasi buat Anda.

Pertama, penting dan teramat penting bagi kita untuk menerima secara total orang di depan cermin. Tidak hanya penampilan fisiknya, tetapi juga prestasi materi, jiwa, kelemahan. Bilamana perlu, menikahlah dengan sang aku. Sebab, hanya dengan bercengkerama secara rapi dengan sang aku, kita tidak kehilangan terlalu banyak energi keberhasilan. Lebih dari itu, begitu Anda menyatu dengan sang aku, your potential of success is unlimited.

Kedua, gunakan secara maksimal “kekayaan” yang dilimpahkan Tuhan ke semua orang yaitu: kebebasan. Mirip dengan salah satu pidatonya Steve Forbes: “the true wealth of society is not physical things, but the human mind when it is liberated by enterprise, challenge and service”. Tidak jauh berbeda dengan burung elang yang bisa melihat wajah dunia secara luas dan komprehensif, karena terbang tinggi dan bebas. Kita juga demikian, wajah kita secara potensial akan terlihat utuh begitu kita memiliki sayap kebebasan seperti burung elang. Oleh karena itu, terbangkanlah diri Anda setinggi dan sejauh mungkin dengan impian dan imajinasi Anda. Impian dan imajinasi, bagi saya, adalah sebuah pembebas yang bisa membawa ke tempat yang tidak terbayangkan.

Ketiga, tarik kehidupan Anda ke tempat tinggi dengan target yang juga tinggi. Dikatakan demikian, karena target sebenarnya berfungsi seperti magnet. Mereka dengan target tinggi kerap sampai ke tempat yang juga tinggi. Untuk itu, jangan pernah takut dengan target yang tinggi. Bila mana perlu, pertinggi lagi target Anda yang sudah tinggi. Dengan usaha yang memadai, percayalah, kehidupan Anda akan ditarik ke atas.

Keempat, kalau ada pengaman kehidupan yang pasti menjadikan hidup Anda aman, ia pastilah bernama “belajar”. Sebab, dengan belajar kita sedang mengasah pisau kita terus menerus. Setumpul-tumpulnya pisau, kalau diasah terus, kelak pasti akan tajam juga.

Dan terakhir, hidup akan menjadi lebih berharga, dan juga mempercepat bangunnya pemimpin dari dalam, kalau kita memiliki “love & use” for everybody (kecintaan dan manfaat bagi setiap orang). Sebenarnya kalau kita bisa selalu memberikan manfaat buat orang lain dan mencintai mereka tanpa
pamrih, kepemimpinan kita dari dalam akan terasah setiap saat. Anda tidak percaya, segeralah lakukan!!!.
**

Oleh : Gede Prama

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Dega Nion Don

hit counter
Selamat Datang

Obral Obrol
Ngobrol pake mentari cuma seribu sejam, ke seluruh Indonesia Ketik OBROL kirim ke 303

Mentari..torang pe kartu
-------
SMS gratis puas abis
Pake pulsa IM3 kamu buat nelpon dan dapatkan SMS gratis seharian ke 2 orang sohib kamu di seluruh Indonesia.

IM3, so hemat kong pasti gaul

LINKS

YOUR INFO

  • 168,850
May 2009
S M T W T F S
« Apr   Jun »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
%d bloggers like this: